Irigasi Sprinkle Portable, sistem irigasi yang Efisien

Teknopreneur.com - Sistem irigasi sangat penting bagi lahan pertanian. Sistem irigasi berfungsi untuk mengairi air yang sangat dibutuhkan tanaman. Beberapa sistem irigasi yang sudah diterapkan cenderung tidak efisien. Petani-petani tradisional biasanya malah memberi asupan air pada tanaman menggunakan tabung yang ditaruh di punggung. Selain menghabiskan waktu, cara ini juga sangat melelahkan bagi petani. Irigasi yang efektif dan efisien sangat dibutuhkan petani.

Penelitian Ahmad Tusi Dosen Teknik Pertanian Universitas Lampung bisa dijadikan solusi. Dosen lulusan Institut Pertanian Bogor ini mengembangkan suatu metode irigasi yang efektif dan efisien. Penelitian ini dinamakan Irigasi Sprinkle Portable. Dinamakan portable karena alat utamanya yaitu pompa air dan Sprinkle bisa dipindah-pindahkan. Sprinkle yang dipakai adalah Nozzle Head Sprinkle.

Mula-mula air diambil dari sungai yang dekat dengan lahan pertanian. Dengan menggunakan mesin pompa air tersebut dialirkan ke pipa utama lalu selanjutnya ke pipa sub utama atau manifold. Pipa lateral merupakan pipa terakhir yang teraliri air. Sprinkle-sprinkle terletak pada pipa lateral. Radius penyiramannya sampai 10 meter.

Irigasi Sprinkle Portable buatan Ahmad Tusi ini sudah digunakan oleh petani melon di Lampung Selatan. Tusi menyarankan irigasi Sprinkle Portable buatannya ini digunakan untuk tanaman hortikultura. “diusahakan untuk tanaman hortikultura” Ujarnya 

Categories: 

Tentang Penulis

Faris Yursanto

Contributor - UKPM Teknokra, Univ.Lampung