Pemkot Vancouver Membangun Jalan Dari Plastik Daur Ulang

Upaya Vancouver untuk menjadi kota “terhijau” di dunia pada tahun 2020 memang tidak main-main. Pemerintah Kota (Pemkot) ini sedang berusaha untuk memangkas emisi gas rumah kaca dan meningkatkan efisiensi energi. Salah satu proyek prestisius kota ini adalah paving jalan dengan menggunakan bahan daur ulang plastik yang mengandung aspal. Sebelumnya, para peneliti di kota ini bisa memastikan, penggunaan daur ulang plastik untuk membuat jalan akan berdampak pada efisiensi energi.

"Campuran aspal hangat tidak semua yang baru, tapi apa yang unik dalam aplikasi kita menggunakan lilin yang berasal dari plastik daur ulang," kata Karyn Magnusson dari Engineering Services Vancouver Gizmag.

"Kami telah melakukan uji coba sejak tahun 2008 dengan berbagai jenis aditif yang dirancang untuk mengurangi viskositas," tambahnya.

Manfaat lain dari proses baru adalah bahwa lilin plastik daur ulang membantu untuk mencegah penuaan minyak di aspal, yang berarti mengandung aspal daur ulang plastik dapat digunakan kembali dalam jumlah yang lebih besar dari aspal konvensional. Juga, suhu yang lebih rendah dari campuran hangat memungkinkan untuk persentase yang lebih tinggi dari aspal daur ulang dari campuran suhu tinggi.

Vancouver akan membuka jalan lebih dengan campuran daur ulang di musim semi dan terus menguji kinerjanya. Jika terus menunjukkan manfaat dari uji coba awal, pemerintah kora berencana untuk menggunakan campuran khusus yang eksklusif. Kota ini juga berencana untuk menemukan cara untuk membuat lilin lokal dari limbah plastik sendiri. 

Categories: 

Tentang Penulis

Rezza Aji Pratama

Former Journalist