Wow...Swedia Membeli 800.000 Ton Sampah Dari Norwegia

Di banyak negara, sampah menjadi masalah yang sangat mengganggu. Beberapa negara selalu dihadapkan pada masalah untuk mengurangi volume sampah yang menggunung. Termasuk di Indonesia. Namun, apa yang terjadi di Swedia justru kebalikannya.

Saat ini, Swedia juga mengalami masalah yang berkaitan dengan sampah. Bukan karena volumenya yang melimpah, Swedia justru sedang kekurangan sampah.! Bahkan pemerintah negri itu saat ini sedang mengimpor sampah.

Mengapa mereka bisa sampai kekurangan sampah? Menurut survey, Swedia merupakan negara yang paling getol mendaur ulang sampah. 96% dari sampah yang mereka hasilkan akan masuk pada proses daur ulang. Sementara sisanya akan dimanfaatkan untuk energi biomassa.

Dengan pemanfaatan sampah ini, Swedia justru mengalami krisis sampah. Tak kurang dari 800.000 ton sampah diimpor dari Norwegia setiap tahunnya. Siapa yang menyangka sampah yang dipandang sebelah mata itu justru bisa menghasilkan energi yang bermanfaat. Bagaimana dengan Indonesia? Dengan jumlah sampah yang luar biasa banyaknya bisakah kita meniru apa yang dilakukan oleh Swedia.

 

Categories: 

Tentang Penulis

Rezza Aji Pratama

Former Journalist